Senin, 07 Februari 2011

two thumbs up to my five galau songs..



 Hey hoo! Anda merasa masih muda (atau paling tidak ‘merasa’ berjiwa muda)? Punya akun twitter? Dan sering cek timeline atau update status di social networking paling nge-hip itu?? Kalau iya, tentu anda tidak asing lagi dengan kata GALAU yang (saya tahu) akhir-akhir ini sering menjadi TT (trending topic) di twitter. Well, galau memang menjadi satu kata ampuh untuk menggambarkan kondisi seseorang yang.. jomblo? Baru putus? Merasa kesepian (apalagi saat ujan). Atau lagi berantem sama selingkuhannya? Atau gara-gara ga bisa ngutang makan lagi di kantin karena udah kebanyakan utang mungkin? Mungkin saja. Tapi entahlah, saya pun tidak tahu secara pasti definisi kata galau itu tapi kurang lebih ngerti dan yahh kadang-kadang suka gitu juga (gengsi buat ngaku kalo sering galau!). Ah, apalah arti sebuah galau tanpa makan bakso. *loh?

Demi dikatain masih muda, berwawasan nusantara dan berjiwa patriot saya pun ikut tergabung sebagai salah seorang pemilik akun twitter. Akibat perbuatan labil saya yang satu ini akhirnya Indonesia mendapat posisi pertama sebagai Negara di kawasan Asia Pasific dengan pengguna akun twitter terbanyak. Jangan salahin saya, salahin juga tuh puluhan juta tweeps Indonesia yang sudi mengamalkan waktunya untuk eksis di dunia pertwitteran nusantara. Oke, itu cuma sekilas info! Intinya sekarang kita mikirin gimana caranya biar harga cebe cepet turun jadi kalo saya makan bakso gak akan kena charge harga lagi untuk setiap sendok sambel yang saya ambil. Selain suka makan bakso sambil kepedesan, sebenarnya saya juga suka sekali dengan musik. Lalu apa hubungannya dengan trending topic yang saya sebut-sebut di awal? Jawabannya cuma satu, bagi saya dengan mendengarkan lagu atau musik suasana galau akan terbangun dengan lebih sempurna. Ini relative sih. Tapi berhubung ini blog saya, suka-suka saya berpendapat bukan? 

Nah, daripada ngalor ngidul gak karuan ngomongin cabe, saya akan bicara langsung pada topik. Sebentar saya cari dia dulu. Kalau anda mulai kesal dan gak mau lanjut baca blog ini, ya gapapa, wajar. Tapi saya gak nanggung kalau pas anda close blog saya dan tiba-tiba anda jadi lapar. Bener-bener di luar tannggungan saya loh itu!hehe. Sebagai salah seorang generasi penerus bangsa, jujur saya adalah orang yang yahh tidak bisa hidup tanpa musik. Dimanapun, kapanpun dan apa pun yang saya kerjakan harus ada musik (atau minimal saya nyanyi2 sendiri). Hancur rasanya dunia kalau tidak ada musik. Kata orang-orang, musik memang salah satu alat pemersatu perbedaan. Katanya loh ya. Kata siapa juga saya gak tau. Begitu pun saat saya sibuk menikmati galau. Jika tiba waktu galau bagian barat, kurang afdol rasanya kalau tidak saya nikmati sambil mendengarkan lagu (musik). Sampai suatu ketika saya merasa dan sadar kalau saya mendengarkan beberapa lagu (yang itu-itu aja) kok galau semakin setia mendera saya. Ah, it’s shit things that  I enjoy! Untuk dapat mengetahui the most shit galau songs versi saya yang sangat gak bikin anda penasaran, maka dengan sukarela saya akan menuliskannya untuk anda. Cekidot!

1.       Landon Pigg – falling in love in the coffee shop
Dari judulnya udah jelas kalau lagu ini menceritakan seseorang yang jatuh cinta di warung kopi. Simple. Loh tapi kenapa malah galau kalau dengerin lagu ini padahal it is kinda happy song gitu? Yah emang iya. Cuma masalahnya, di Jakarta itu sekarang jarang ada warung kopi lagi. Kalopun ada juga sekarang udah campur sama warteg atau warung gorengan gitu. Sekalinya nemu warung yang benar-benar menjual kopi, yang ada disana adalah abang-abang yang istirahat kerja bangunan atau pabrik. Kecapekan, kepanasan, dan kelaparan. Mana sempet mereka mikirin jatuh cinta? Apalagi sama saya! Jadilah galau yang sempurna kalau saya mendengarkan lagu ini ditampah membayangkan reka adegan tadi. Oh no!

2.       The Moldy Peaches – anyone else but you
Lagu ini menjadi salah satu lagu pamungkas saya kalau saya lagi pengen galau. Ibarat kalau mau kenyang ya makan, kalau mau nonton ya setel tipi, kalau mau ribut ya telpon pacar orang tengah malem. Ada gula ada semut, ada The Moldy Peaches ada Galau. Gitu intinya. Kalo ga ngerti juga mending denger lagunya. Dijamin biasa.. biasa bikin saya nangis, biasa bikin saya ngunci diri di kamar, dan biasa bikin saya pengen yang saya gak pengen *apa sih?

3.       Efek rumah kaca – Desember
Saya terpaksa memasukkan lagu mereka (efek rumah kaca) selain karena lagunya galau tingkat dewa, juga karena saya cinta lingkungan. Gak ada hubungannya dong? Ya ada lah! Coba kalau semakin sering anda nyanyi lagu ini apalagi pas hujan di bulan Desember, anda otomatis akan ingat dengan nama penyanyinya (kalau gak yaa berarti anda pelupa seperti saya). Dan kalau udah inget nama band-nya (efek rumah kaca) which is sangat erat kaitannya dengan global warming maka secara sadar ataupun tidak anda akan diingatkan pada bagaimana menjaga bumi kita yang sudah sepuh ini. jika anda merasa tidak begitu, maka setelah membaca tulisan ini berarti anda berjanji akan mencintai dan memelihara lingkungan kita ini! (nah lo, jebakan betmen!) :D

4.       David Choi – won’t even start
Lirik. Salahkan lirik lagu ini kalau anda merasa galau ketika mendengarkan si Choi (bukan komikusnya Kungfu Komang loh ya!) nyanyi. Karena menurut saya memang begitu. Lirik lagu yang IYE BANGET ditambah dentuman senar gitar Choi yang lembut dan mesra membuat saya merasa terhenyak, terhempas, dan terjerembab ke lembah kekelaman yang paling dalam dan kekal sampai tak satu pun orang mau menolong. Hanya semut merah yang berbaris di dinding lah yang akan menjadi saksi betapa galaunya saya saat mendengar lagu ini. Poor me!

5.       Haley Bennet & Hugh Grant – Way Back Into Love
Saya langsung jatuh cinta dengan lagu ini sejak pertama saya mendengarkannya di film Musics and Lyrics. So goddamn good song! Jadi nyesel pernah nonton film itu. Kalo gak kan saya ga akan segalau sekarang. Tapi ya sudahlah, saya sudah terlanjur memaafkan produser, sutradara, pemain dan seluruh kru film itu. Lain kali jangan diulangi lagi ya! 

Nah, sekarang daripada berlarut-larut dalam rasa dendam Nyi Pelet mending dengerin, pikirkan dan ingat-ingat lagu macam apa yang bisa bikin anda nangis darah saat sendirian di kamar, malam-malam dan hujan.. selamat galau! :’)

0 comments:

Posting Komentar